Sabtu, 28 November 2015

Masalah Sosial di Indonesia

1. Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

 
   Pertumbuhan penduduk selalu menimbulkan masalah sosial apabila tidak diimbangi dengan ketersediaan fasilitas seperti lapangan kerja, pangan, dan sarana kesehatan yang memadai. Masalah sosial ini diantaranya tingkat pengangguran, buruknya tingkat kesehatan masyarakat, dan kiriminalitas. Oleh karena itu, Indonesia melaksanakan program keluarga berencana agar pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak meledak-ledak.

2. Kemiskinan


    Kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan material dasar berdasarkan standar tertentu. Standar ini dikenal dengan garis kemiskinan, yaitu tingkat pengeluaran atas kebutuhan pokok yang dianggap sebagai dasar dan diperlukan dalam jangka waktu tertentu agar dapat hidup layak. Masalah kemiskinan ini timbul akibat rendahnya pendapatan kerja dan terbatasnya lapangan kerja. Kemiskinan menjadi masalah utama bagi negara-negara berkembang di seluruh dunia.

3. Kriminalitas


   Masalah kriminalitas adalah salah satu masalah sosial yang masih sering terjadi di seluruh negara. Penyebab munculnya kriminalitas karena beberapa hal yaitu: kemiskinan, kurangnya pendidikan, dan pengangguran. Untuk itu, Indonesia bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mengatasi kejahatan. Kejahatan antar negara ditangani oleh interpol. Karena itu Indonesia mengadakan perjanjian ekstradisi dengan negara-negara tetangga. Perjanjian ekstradisi adalah perjanjian antar dua negara mengenai penyerahan orang yang dianggap melakukan kriminalitas oleh suatu negara kepada negara lain yang diatur dalam perjanjian antara negara yang bersangkutan. Tujuan dari perjanjian  ekstradisi ini adalah untuk memberantas kejahatan atau kriminalitas.

4. Pencemaran Lingkungan 


    Pencemaran lingkungan dapat terjadi apabila dalam suatu lingkungan terdapat suatu bahan yang dapat merugikan manusia. Masalah pencemaran lingkungan ini dapat dibedakan menjadi pencemaran udara, air, dan tanah. Masalah ini terjadi di setiap negara, terutama di negara industri. Masalah ini dapat merusak lingkungan yang ada, mengganggu kesehatan, dan akan memusnahkan kelangsungan hidup manusia.

1 komentar: