Senin, 28 Maret 2016

Zat Adiktif dan Psikotropika (IPA KIMIA)

Zat adiktif adalah bahan bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat menimbulkan ketagihan dan ketergantungan bagi pemakainya.
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetik yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Contoh zat adiktif dan psikotropika yang banyak terdapat di sekitar kita adalah rokok, minuman beralkohol, dan narkoba. Beberapa jenis narkoba yang banyak disalahgunakan adalah heroin, morfin, kodein, kokain, ganja (mariyuana), putaw, ekstasi, dan shabu-shabu.

Ciri-ciri korban ketergantungan zat adiktif dan psikotropika adalah sebagai berikut:
•Mengalami gangguan pada sistem saraf (neurologist), antara lain kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, dan kerusakan saraf tepi.
•Mengalami gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), antara lain infeksi akut otot jantung dan gangguan peredaran darah.
•Mengalami gangguan pada kulit (dermatologis), antara lain penanahan (abses), alergi, dan eksim
•Mengalami gangguan pada paru paru (pulmoner), antara lain penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, dan pengerasan jaringan paru paru
•Sering sakit kepala, mual mual dan muntah, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati, dan sulit tidur
•Mengalami gangguan kesehatan reproduksi

Penanggulangan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan cara promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan represif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar